Posted by : Noacto Selasa, 31 Maret 2015


Nama/NIM : Ida Bagus Gde Dwipermana Sidhi / 1404505044 
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Jurusan Teknologi Informasi / Fakultas Teknik /Universitas Udayana 
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Use Case dan Sequence. Use Case dan Seqence ini termasuk dalam UML (Unified Modeling Language). Sebelum mengetahui apa itu Use Case dan Sequence ada baiknya kita tahu apa itu UML ?

Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa pemodelan yang telah menjadi standar dalam industri software untuk visualisasi, merancang, dan mendokumentasikan sistem perangkat lunak. Bahasa Pemodelan UML lebih cocok untuk pembuatan perangkat lunak dalam bahasa pemrograman berorientasi objek (C , Java, VB.NET), namun demikian tetap dapat digunakan pada bahasa pemrograman prosedural. UML menyediakan 10 macam diagram untuk memodelkan aplikasi berorientasi objek antara lain Use Case Diagram, Conceptual Diagram, Sequence Diagram, Collaboration Diagram, State Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, Object Diagram, Component Diagram dan Deployment Diagram. Kali ini kita membahas Use Case dan Sequence saja.

Use Case Diagram
Use case diagram digunakan untuk memodelkan bisnis proses berdasarkan perspektif pengguna sistem. Use case diagram terdiri atas diagram untuk use case dan actor. Actor merepresentasikan orang yang akan mengoperasikan atau orang yang berinteraksi dengan sistem aplikasi. Use case merepresentasikan operasi-operasi yang dilakukan oleh actor Use case digambarkan berbentuk elips dengannama operasi dituliskan di dalamnya. Actor yang melakukan operasi dihubungkan dengan garis lurus ke use case. 
Use Case yang kita bahas kali ini adalah Use Case dari Sistem Informasi Akademik. 

Berikut ini adalah screenshoot dari Use Case Sistem Informasi Akademik : 
Use Case Sistem Informasi Akademik

Sistem Informasi Akademik terdapat 3 User yaitu Admin, Dosen dan Mahasiswa dengan wewenang akses yang berbeda. Admin dapat mengakses semuanya yang ada. Dosen dapat mengakses Login, daftar, Masukkan Nilai, Hapus Nilai, Mengubah Nilai dan Lihat Nilai yang terbatas sesuai dengan mata kuliah yang dimiliki. Mahasiswa yang memiliki wewenang akses paling sedikit yang hanya bisa mengakses Login, daftar, Lihat Nilai dan Cetak Nilai yang terbatas sesuai dengan Mata kuliah yang diambilnya. 

Sequence Diagram
Sequence diagram (diagram rangkaian/ sekuensial) secara grafis menggambarkan bagaimana objek berinteraksi dengan satu sama lain melalui pesan pada eksekusi sebuah use case atau operasi. Diagram ini mengilustrasikan bagaimana pesan terkirim dan diterima di antara objek di dalam use case. Komponen Utama sequence diagram terdiri atas objek yang dituliskan dengan kotak segiempat bernama. Message (Pesan) diwakili oleh garis dengan tanda panah berisi pesan. Sequence diagram disusun berdasarkan urutan waktu (tahapan). 

Berikut gambar sequence diagram Sistem Informasi Akademik :
Sequence Login

Sequence Daftar


Sequence Masukkan Nilai
Sequence Hapus Nilai

Sequence Mengubah Nilai
Sequence Lihat Nilai

Sequence Cetak Nilai

Sekian pembahasan Use Case dan Sequence Diagram ini, semoga dapat membantu.

Sumber :
https://diniasanti.files.wordpress.com/2013/09/18-80-1-pb.pdf
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3114/1/NURUL%20FITRIYANI-FST.pdf

{ 4 komentar ... read them below or Comment }

  1. dalam diagram itu tanpa <> pada login.
    sebagai contoh lihat saja dosennya ...
    dalam use case diatas , dosennya bisa seenaknya memasukan nilai tanpa login ???

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Pragmatic Play - The Netherlands - Poormans Guides
    Pragmatic Play 꽁머니 지급 is an online gambling operator established in 2001, 호반 그래프 and 오늘 뭐 먹지 룰렛 has an important role e sport in the growth and retention of its slots. 벤 델핀

    BalasHapus

Popular Post

Blogger templates